Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Manfaat dan khasiat akar alang-alang yang jarang di ketahui

3 manfaat dan khasiat akar alang-alang yang jarang di ketahui

siapa yang menyangka, bahwa tanaman alang-alang yang biasanya banyak tumbuh di sekitar rumah memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan dan beberapa di antaranya adalah 3 manfaat dan khasiat alang-alang yang jarang di ketahui berikut ini. 

biasanya alang-alang di sekitar rumah hanya di anggap sebagai hama yang sangat mengganggu dan sering kali di musnahkan karena belum banyak yang tahu manfaat dan khasiat dari alang-alang itu sendiri.

apa saja sih manfaat dan khasiat alang-alang itu?

alang-alang (imperata cylindrica (L) beauv.var.mayo(nees) C.E.Hubb) merupakan tanaman sejenis rumput yang memiliki khasiat yang sangat banyak.

1. bisa Meluruhkan air seni

untuk yang kencingnya kurang lancar tanaman yang satu ini bisa menjadi obat yang ampuh dan juga sangat murah dan sangat mudah didapat.

2. Pereda rasa nyeri

bagi pekerja kasar ataupun orang yang sudah ber umur, tentunya pasti sering mengalami yang namanya nyeri-nyeri dan bahkan ada yang sampai nyerinya rasanya sampai ubun-ubun saking nyerinya, alang-alang ini bisa dimanfaatkan sebagai pereda nyeri yang sangat murah dan mudah di dapatkan.

3. Bisa menurunkan tekanan darah tinggi

tekanan darah tinggi merupakan salah satu pemicu terjadinya serangan stroke, jika tekanan darah tinggi tak segera di atasi akan sangat membahayakan sekali, karena bisa memicu penyakit yang sangat serius.

lalu bagian alang-alang yang mana sih, yang dapat digunakan sebagai obat?

bagian alang-alang yang bisa digunakan sebagai obat adalah bagian bawah (akar/rimpang) jadi ketika mengambil alang-alang usahakan agar akarnya jangan sampai tertinggal, karena nantinya bagian akar yang akan di manfaatkan sebagai obat.

cara pengobatan menggunakan alang-alang

gunakan 20-30 gram akar/rimpang yang sudah dikeringkan terlebih dahulu, kemudian rebus rimpang kering dengan 4 gelas air dan tunggu sampai mendidih dan air mulai berkurang kira-kira tersisa 1,5 gelas baru di angkat biarkan sampai dingin, kemudian saring terlebih dulu sebelum di minum, untuk mendapatkan khasiat yang maksimal minum 3x sehari masing-masing setengah gelas.

Posting Komentar untuk "3 Manfaat dan khasiat akar alang-alang yang jarang di ketahui"